Oleh: jemaatsamaria | Agustus 30, 2012

Mengasihi Sesama Adalah Kewajiban Orang Percaya

Mengasihi Sesama Adalah Kewajiban Orang Percaya

Zakharia 7:1-14

Siapakah orang-orang yang dimaksudkan dalam ayat 3 tidak jelas. Apa mungkin mereka benar datang dari Betel? Penduduk Betel adalah orang-orang campuran yang campur aduk dalam soal kepercayaan. Apakah mereka mengirim utusan ke Yerusalem padahal kurang lebih 2 tahun yang lalu orang-orang dari daerah itu dilarang untuk membangun Bait Suci. Ada anggapan bahwa orang-orang ini datang dari Babel, yaitu orang Yahudi di sekitar raja. Atau Sarezer dan Regem Melekh adalah orang terkemuka dari Yehuda yang meminta nasehat bagi mereka sendiri. Zakharia memakai kesempatan untuk menyampaikan suatu pesan.

Dalam khotbah mengenai sejarah nabi ini mengingatkan peranan nabi-nabi sebelum pembuangan, sikap bangsa Israel dan akibatnya. Oulu Israel ditegur supaya bertobat. Tetapi sekarang hukuman telah terlaksana. Teguran-teguran tidak Iagi diberi secara Iangsung melainkan memakai masa Iampau sebagai contoh.

Isi khotbah Zakharia tentang persoalan puasa mengatakan bahwa puasa dan ratapan yang dilakukan oleh mereka pada bulan ke lima dan ketujuh bukanlah merupakan penghormatan kepada Allah. Puasaku sama dengan makan dan minum yang gunanya hanya untuk manusia itu sendiri.

Zakharia mengatakan puasa tidak panting dlbandingkan dengan melakukan keadilan dan cinta kasih terhadap sesama manusia. Tidak berlaku adil dan tidak mengasihi sesama manusia itulah yang kemudian membuat baik penduduk kerajaan Utara maupun kerajaan Selatan dihukum Tuhan dibuang ke negeri asing.

Sikap mengasihi sesama itulah yang dituntut Tuhan Yesus dengan hukum kasih (Matius 22:39) Kasih terhadap sesama sudah semakin kurang, yang biasanya dikasihi adalah did sendiri, keluarga dan orang yang searran dengan mereka.

Negara atau pemerintahpun tidak jarang melakukan ketidak adilan terhadap warganya. Itu terjadi kalau Negara tidak mampu melindungi warganya baik didalam maupun diluar negeri. Negara juga berbuat tidak adil kalau koruptor kelas kakap tetap berkeliaran atau dihukum ringan saja, sedangkan kejahatan seperti mencuri ayam dihukum tidak sesuai. Negara kita terkenal sebagai salah satu Negara terkurop di dunia dan disana sini masih terjadi pelanggaran HAM. Penulis Amsal mengatakan bahwa keaddan dan kebalcan mengangkat martabat bangsa, tetapi dosa membuat bangsa itu menial hina (Amsal 14:34).

Pdt. Emr. Inggei Numur. STh. Pendeta Resort GKE Palangka Raya Hilir

(Sumber : http://msgke-kalteng.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: