Oleh: jemaatsamaria | Agustus 28, 2012

Dosa Akibat Pengaruh Lingkungan

Dosa Akibat Pengaruh Lingkungan

Zakharia 5:5-11

Nas ini kembali berhubungan dengan dosa. Disini harus dibedakan antara dosa atau kejahatan konkrit yang dilambangkan dengan gantang, dengan dosa yang satu lagi yang dibelakang segala perbuatan jahat, yang disini digambarkan dengan seorang wanita. Intisari dosa disini adalah menolak Allah dengan mengikuti dewa-dewa lain. Hal ini biasanya digambarkan sebagai persundalan.

Dalam nas ini dibawa ke Sinear nama kuno untuk Babilon, yang sampai zaman Perjanjian Baru adalah lambang kejahatan (band. isi kitab Wahyu). Dengan ini dinyatakan bahwa bangsa asing pun akan mengalami hukum Allah, sebab Babilon melambangkan kebudayaan dan kepercayaan yang merupakan ancaman bagi kepercayaan Israel.

Bagi kita sekarang yang menjadi ancaman bagi kepercayaan dan moral umat bukan hanya akibat pengaruh yang berasal dari luar negeri, walaupun ada yang beranggapan demikian. Sebenarnya moral bangsa ini sudah lama rusak, jauh sebelum rencana mengundang untuk hadirnya Lady Gaga.

Sebab itu daripada menganggap bahwa pengaruh dari luar negeri yang merusak moral anak-anak muda, kita lebih balk kita lebih serius membina dan membentengi anak-anak muda kita, dari pengaruh lingkungan disekitar kita ini yang dampaknya bagi kehidupan mereka. Contohnya adalah masalah hubungan seksual diluar nikah. Sekarang banyak orang tidak lagi menganggap sebagai sesuatu kebanggaan kalau mereka atau mereka tidak pernah mengadakan hubungan seksual sebelum menikah. Mereka sedikitpun tidak merasa malu untuk minta supaya pernikahannya biarpun sudah hamil diberkati di gereja. Kalau dulu pernikahan seperti itu dirumah saja. Kehidupan kita manusia memang dibentuk dan dipengaruhi oleh lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, khususnya lingkungan pergaulan disekitar. Jikalau lingkungan itu baik, artinya bisa menimbulkan pengaruh yang baik, maka dapat dipastikan bahwa manusia yang dibentuk olehnya akan baik. Sebaliknya kalau lingkungan yang didalam orang itu hidup kurang baik, misalnya keluarga yang retak atau berantakan, teman-teman sepergaulan mempunyai kebiasaan yang buruk, maka. akibatnya pasti buruk bagi orang yang hidup dilingkungan seperti itu. Itu sebabnya perlu dibentuk lingkungan yang dapat menimbulkan pengaruh yang positif. Gereja melalui kelas katekisasi, akan membentuk sitat anak-anak muda kita yang baik. Tetapi masalahnya kegiatan seperti ini selama ini tidak menarik anak-anak kita. Buktinya yang ikut atau hadir hanya sedikit. Mungkin juga karena pihak orang tua mereka tidak pernah mendorong supaya anak-anak mereka mengikuti kegiatan seperti itu. Apakah karena orang tua mereka tidak menganggap kegiatan seperti itu penting?

Kenyataannya menunjukkan bahwa ada saja anak-anak kita yang berpindah ke agama lain, biar pun pernah ikut katekisasi atau belajar tentang agama Kristen. Penyebabnya selain karena kelemahan yang bersangkutan sendiri, juga karena pihak keluarga bersikap masa bodoh soal kerohanian atau tidak perduli soal-soal seperti keselamatan.

Keluarga kristen semestinya belajar dari keluarga Timotius. lbunya yang bemama Eunike dan neneknya yang bernama Lois berhasil mewariskan iman kristen itu kepada seorang anak muda yang bemama Timotius, sehingga ia dapat diandalkan oleh Paulus sebagai teman sekerja yang dapat dipercaya untuk menjadi penginjil dan gembala jemaat di pulau Kereta (baca 2 Tim.1:5). Mewariskan anak cucu kita dengan harta benda dan menyekolahkan mereka setinggi mungkin memang perlu, tetapi yang tidak kurang pentingnya adalah mewariskan iman atau kerohanian karena itu yang membawa kepada keselamatan.

Pdt. Emr. Inggei Numur, S.Th. Pendeta Resort GKE Palangka Raya Hilir.

(Sumber : http://msgke-kalteng.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: