Oleh: jemaatsamaria | Agustus 25, 2012

Sungguh Hebat dan Luar Biasa …!!!

Sungguh Hebat dan Luar Biasa …!!!

Zakharia 4:1-14

Pernahkan saudara membayangkan bagaimana luar biasanya Allah itu ? bagaimana luar biasanya Dia merancang keselamatan untuk kita ? dan bagaimana kita sungguh-sungguh bisa mengenal-Nya dengan baik dan kita tidak akan berkata bahwa Allah seorang pendusta atau hanya sekedar sebuah nama saja ? Penglihatan ini memperlihatkan bagaimana pekerjaan dan karya penyelamatan Allah yang sungguh luar biasa. Sebuah kendil dari emas (Zak 4:2) adalah kendil dari minyak zaitun, kendil yang menyerupai yang ada dikemah Suci (bnd Kel 25:31-40). Minyak itu mengalir dari tempat minyak sehingga pelita itu tetap penuh. Tempat minyak melambangkan kuasa Allah melalui Roh Kudus, yang tak habis dan berlimpah. Setiap pelita memiliki tujuh saluran atau corot dengan sumbu, yang semuanya terdiri atas 49 lampu. Lampu-lampu itu malambangkan umat Allah yang memancarkan terang ke dunia karena aliran Roh Kudus yang berlimpah-limpah. Roh Kudus merupakan sumber kekuatan bagi Gereja dan orang-orang percaya masa kini (lih. Kis 1:8, 2:4), dan semua pemenuhan selanjutnya bersumber pada Kristus.

Sedangkan dua pohon zaitun (Zak 4:3) melambangkan pelayanan pemerintahan dan imamat Zerubabel dan Yosua ( bnd Hagai 1:1) kedua orang ini adalah yang diurapi (lih. ay 14) sebagai Raja dan Imam, merupakan jabatan tertinggi bagi sebuah kerajaan dan pemimpin keagamaan yang kemudian melambangkan pelayanan imamat Tuhan Yesus Kristus yang diurapi sebagai Raja dan Imam Besar Agung  “Anak Manusia akan datang sebagai Raja dalam kerajaan-Nya” dan “karena kita telah mempunyai Imam Besar Agung yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus Anak Allah…”(Lih. Mat 16:28 dan Ibrani 4:14-15, Ibr 9:11).

Jadi saat ini patut disadari bahwa pilihan dan pengakuan kita terhadap Tuhan Yesus sebagai Juruselamat manusia tidak pernah keliru atau salah…sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan….barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan (Roma 10:9-11). Bahkan Rasul Petrus dengan berani dan lantang memberikan kesaksian di depan Mahkamah Agama “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” (Kis 4:12). Tuhan Yesus juga menyatakan bahwa satu-satunya jalan keselamatan dan hidup, tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku (Yoh 14:6). Jadi, Allah yang kita kenal, nyata dan bukan Allah yang tersembunyi dan menyembunyikan diri-Nya. Dan hanya Allah yang kita kenal di dalam Tuhan Yesus Kristus. Bahkan dalam karya penyelamatan-Nya Dia pun tidak pernah meninggalkan orang-orang percaya… “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu….(Yoh 14:18). Dan Roh Kudus adalah penolong agar kita dapat hidup dalam kebenaran dan Roh yang selalu menyertai orang percaya untuk selama-lamanya (Yoh 14:15). Sungguh Allah yang hebat dan luar biasa. Imanual Allah menyertai kita.

Pdt. Telhalia G. Ambung, M.Th, Dosen STAKN Palangka Raya

(Sumber : http://msgke-kalteng.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: