Oleh: jemaatsamaria | Agustus 23, 2012

Merindukan Kembali Pulang

Merindukan Kembali Pulang

Zhakaria 2  : 6  – 13 )

 

Mungkin saudara sering berpergian jauh ke suatu tempat seperti kota besar Jakarta, Surabaya, atau bahkan ke luar negeri karena alasan study lanjut, pekerjaan atau sekedar jalan-jalan, atau berlibur. Untuk waktu yang tidak terlalu lama mungkin menyenangkan, akan tetapi untuk jangka waktu lama tanpa alasan yang jelas mungkin saudara merasa ada sesuatu yang kurang atau rasa bosan. Perasaan yang tidak jelas ini bisa jadi perasaan rindu, suatu perasaan yang memanggil saudara untuk pulang, entah rindu keluarga, atau masakan khas atau kebiasaan-kebiasaan budaya yang saudara tidak temukan ditempat lain, kecuali di tempat saudara tinggal. Sungguh tidak bisa saudara dan saya bayangkan bagaimana jika perasaan rindu yang memanggil untuk pulang kembali ke tanah air begitu hebat dan kuatnya.

Nast ini memperlihatkan bagaimana kerinduan Allah dan Umat-Nya untuk kembali pulang ke tanah air mereka. Kerinduan yang begitu kuat yang diungkapkan berupa, sajak atau yanyian mengenai kemenangan dan suatu panggilan yang ditujukan kepada orang-orang Yehuda yang masih berada di Babel untuk kembali pulang ke kampung halaman atau tanah air mereka. Seruan ayo, ayo larilah (ay 6) …adalah perintah dan ajakan agar mereka harus segera pulang untuk menikmati kemakmuran Yerusalem yang telah dijanjikan. Kepulangan itu bertujuan untuk melindungi mereka agar tidak turut binasa dalam kutukan yang melanda Babel (2:6,9). Selain umat Allah yang pulang ke tanah air mereka, maka akan banyak bangsa-bangsa lainnya yang akan bergabung dan menjadi umat-Nya (2:11). Ini mengacu kepada ketika Tuhan Yesus memerintah di bumi. Kelika itu orang Israel yang saleh yang digambarkan seperti biji mata-Nya yang berharga dan penting (ay 9, bnd Maz 17:8), bersama orang bukanYahudi akan menjadi umat Allah semuanya. Pilihan Allah atasIsrael dan bangsa-bangsa lainnyamenunjukkan keadilan Allah…apakah yang hendak kita katakan ? apakah Allah tidak adil ? mustahil. Sebab Ia berfirman kepada musa “Aku akan menaruh belas kasih kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan….(bnd Kel 33:19 dan Rom 9:14). Bukti dari belas kasih-Nya Allah memanggil orang percaya menjadi milik kepunyaan-Nya….yaitu kita, yang telah dipanggil-Nya bukan hanya dari antara orang Yahudi, tetapi juga dari antara bangsa-bangsa lain, seperti yang difirmankan oleh nabi Hosea : yang bukan umat­Ku akan Kusebut umat-Ku dan yang bukan kekasih : kekasih (bnd. Hosea 2:22 dan Roma 9:24).

Kerinduan umat-Nya untuk pulang ke tanah air sejak mereka dijajah dan kehilangan kemerdekaan adalah gambaran lain dari kehidupan kita yang berdosa….karena setiap manusia pasti merindukan suatu tempat dan rumah di mana kita merasa aman, tentram, damai dan sejahtra, bahkan tidak ada air mata dan kesedihan. Demikian juga Allah mengingini dan selalu merindukan agar kita kembali pulang ke tempat di mana Ia ingin kita tinggal diam bersama-sama dengan-Nya suatu hari kelak….yaitu Kerajaan Sorga atau suatu kota yang disebut-Nya adalah Yerusalem Baru kota Allah…kota itu penuh dengan cahayanya sama seperti permata yang paling indah, bagaikan permata yaspis, jernih seperti kristal….(lih. Wahyu 21:14).,

Bagaimana, apakah saudara dan saya merindukan kota tersebut ? apakah kita ingin tinggal di dalamnya ? jika kita merindukan dan ingin tinggal di kota tersebut….marilah kita segera merespon panggilan-Nya…Ayo…Ayo larilah dari Tanah Utara (ay 6) di mana Allah akan menghukum wilayah tersebut…ajakan untuk lari adalah suatu gambaran agar kita menjauh dari dosa dan kutuk atas dosa tersebut, dan datang kepada Allah untuk menerima kasih karunia dan keselamatan yang akan di janjikan­Nya bagi setiap orang percaya melalui Tuhan Yesus Kristus. Imanual Allah menyertai kita..!!

Pdt. Telhalia G. Ambung, M.Th, Dosen STAKN Palangka Raya

(Sumber : http://msgke-kalteng.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: