Oleh: jemaatsamaria | Agustus 20, 2012

Kehendak Allah atau Yerusalem

Kehendak Allah atau Yerusalem

(Zakaria 1:1-17)

.

Berdasarkan Almanak GKE, disepanjang dua minggu ini kita diperhadapkan dengan kitab Zakharia yang kemungkinan besar jarang dibahas atau dikotbahkan dalam ibadah. Oleh sebab itu untuk dapat memahami lebih jauh tentang kitab Zakharia terlebih dahulu kita perlu sedikit memahami kitab Zakharia terutama yang berhubungan dengan sejarahnya.

  1. Nama Zakharia berarti “Yahweh mengingat”. Hanya sedikit riwayat hidup Zakharia, pada kitab Ezra 5:1, 6:14, neneknya Ido (bnd Zak 1:1), kepala dari suatu keluarga imam (Neh 12:4). Yang termasuk rombongan tawanan yang kembali di bawah pimpinan Zerubabel dan Yosua (bnd Neh 12:16). Jadi kesimpulannya Zakharia adalah seorang imam (dari neneknya Ido) dan nabi (lih Zak 1:1).
  2. Zakharia mempunyai banyak hubungan dengan nabi-nabi terdahulu. Misalnya ke 4 tanduk (Zak 1:18 – Daniel 7:7). Tali pengukur (Zak 2:1 – Yer 31:39 & Yeh 40:3). Puntung yang telah ditarik dari api (Zak 3:2 – Am 4:11). Mata yang tujuh (Zak 4: 10 – 2 Taw 16:9). Penghukuman diceraiberaikan (Zak 7:14 – Im26:23 & UI 4:27,28, 28:36, 37). Pengharapan Yerusalem (Zak 8:3-13 — Yes 2:2-4, 54:1-17, Yer 3:17, 18, 50:4-5). Nubuat terhadap bangsa sekelilingnya (Zak 9:1 — Am 1:2-2:3). Perjanjian pemulihan (Zak 1:17, 2:10 – Yes 40:1, Hos 2:22, Mi 7:14). Air-air kehidupan yang mengalir dari Yerusalem (Zak 14:8 mengingatkan akan Yerusalem yang baru dari teokrasi Yehezkiel (Yeh 40-48 dan 47:1-12).
  3. Kitab Zakharia menceritakan 8 penglihatan (1:7 — 6:15), rupanya dilihat dalam satu malam pada awal tahun 519 SM melalui malaikat yang kemudian menyampaikan dan menafsirkannya kepada nabi Zakharia. Penglihatan tersebut intinya menggambarkan tujuan Allah untuk membangun Sion kembali dan menempatkan mereka kembali di dalam tanah air mereka sendiri (1: 7-21). Bait Allah akan dibangun kembali dengan seorang Imam Besar, Dia akan melambangkan Mesias yang nama-Nya ‘Tunas” (Zak 3:6-10). Untuk itu kitab Zakharia seharusnya dibaca dalam terang Perjanjian baru sebagai nubuat Mesianis dan suatu masa depan dengan dunia yang berbeda dengan keadaan yang sekarang.

Maksud dan tema dari nast pada penglihatan pertama : para penunggang kuda berarti kehendak Tuhan untuk membangun kembali Yerusalem. Dan pernyataan Tuhan 1:14 sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem”, adalah merupakan bentuk dari kasih Allah dibalik semua pemulihan-Nya atas Yerusalem dan umat-Nya Israel yang dilakukan-Nya dengan cara tidak hanya membangun kota itu kembali tetapi menghukum semua musuh-musuh umat-Nya. Sedangkan ayat 16-17 sebuah pernyataan dari Allah tentang pengharapan Mesianis yaitu sebuah pemulihan yang bersifat permanen dan kekal melalui kedatangan Yesus Kristus sebagai Imam Besar dan Tuhan atas umat-Nya. Dalam konteks pengharapan Mesianis dan eskatologi, dengan dibangunnya Yerusalem kembali menggambarkan keadaan waktu pemulihan telah tiba, yang secara harafiah dapat ditafsirkan sebagai pemulihan Allah atau keselamatan dan penebusan Allah atas dosa manusia secara universal. Disebutnya Yerusalem atau kota Yehuda sebagai tempat, adalah gambaran suatu kepastian tempat orang-orang percaya akan diam dan tinggal, suatu kejelasan negeri yang akan didiami (bukan kota semu atau kota tanpa nama). Melalui nast ini kita diingatkan bahwa dibalik murka Allah, kasih dan kesabaran Allah terhadap umat-Nya tidak pernah sirna. Walaupun Israel menerima hukuman dari Allah melalui pembuangan dan kehilangan tanah air mereka, namun perjanjian dan pilihanNya terhadap Israel tetap digenapi. Bahkan perjanjian tersebut mengalami pembaharuan ketika Yesus datang ke dalam dunia ini, bahwa keselamatan tidak hanya berlaku secara khusus bagi Israel melainkan berlaku bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya (bnd Galatia 3:26-29). lmanuel.

Pdt. Telhadia G. Ambung, S.Th. Dosen STAKN Palangka Raya

(Sumber : http://msgke-kalteng.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: