Oleh: jemaatsamaria | Agustus 17, 2012

Yang Istimewa Tidak Selalu Punya Hak Istimewa

Yang Istimewa Tidak Selalu Punya Hak Istimewa

(2 Samuel 19:40-43)

Ayat 40-43 memperlihatkan adanya keretakan antara Yehuda dan Israel (suku di utara). Israel mengeluh bahwa Yehuda mendapat tempat istimewa dalam mengawal Daud menyeberangi Yordan (ay.41). Padahal Yehuda adalah suku yang pertama-tama mendukung pemberontakan Absalom. Demikian pula dalam hal mengakui Daud kembali sebagai raja, lagi-lagi Yehuda berada pada urutan terakhir. Dengan demikian menurut orang Israel, sungguh tidak pantas jika orang Yehuda mendapat hak istimewa itu. Sementara di pihak Yehuda mereka adalah kerabat Daud, karena itu mereka merasa berkewajiban untuk mengawal Daud.

Sebenarnya Yehuda dan Israel tidak perlu mempertengkarkan siapa yang lebih berhak mengantarkan raja, karena Daud milik mereka semua. Raja bukan milik kelompok atau milik keluarga. Ketika ia menjabat sebagai pemimpin maka ia adalah milik semua orang. Jadi sumber yang dipertengkarkan Yehuda dan Israel sebenarnya bukan masalah siapa yang lebih berhak mengantarkan raja, tetapi fanatisme kesukuan yang sempit, itulah yang menjadi sumber pertengkaran mereka. Pengutamaan fanatisme kesukuan yang sempit atau primordialisme juga bukan hanya terjadi di dunia sekuler.

Di dalam kehidupan berjemaat dan bergereja pun sering terjadi retaknya sebuah hubungan, disebabkan karena masalah fanatisme kesukuan yang sempit. Fanatisme kesukuan yang sempit adalah ancaman dalam sebuah komunitas, karena masing-masing merasa istimewa dan berjuang untuk kepentingan kelompoknya masing-masing. Di dalam gereja sebagai persekutuan orang percaya, tidak mengenal hak istimewa, tetapi semua anggota adalah istimewa dihadapan Tuhan. Apakah anda istimewa? Ya semua kita istimewa. Apakah yang istimewa otomatis punya hak istimewa? Tidak. Istimewa tidak berarti punya hak istimewa, karena hanya Tuhan yang punya hak istimewa atas gerejaNya.

Pdt. Dermawisata. J. Baen, S.Th. Pendeta Resort GKE Palangka Raya Hilir

(Sumber : http://msgke-kalteng.org)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: