Oleh: jemaatsamaria | Juni 7, 2012

Janji Berkat

Ulangan 28:1-14                                                                                                           Kamis,07 Juni 2012

Janji Berkat

Apakah yang kita cari dalam dunia ini? Jawabnya hanya satu kata, yaitu berkat. Secara sederhana, berkat adalah pemberian atau karunia TUHAN untuk kebaikan umat-Nya. Berkat Tuhan itu tidak saja bersipat jasmani tetapi juga rohani. Apakah itu kekuatan, kesehatan, pekerjaan, kemampuan, kebijaksanaan, pertambahan anggota keluarga oleh karena kelahiran atau pemikahan, dan sebagainya.

Nas kita hari ini, adalah janji berkat TUHAN yang disampaikan melalui Musa, kepada umat Israel yang nantinya akan memasuki dan menduduki tanah Kanaan. Sebagaimana kita tahu, bahwa Kanaan adalah suatu negeri yang penduduknya menyembah dewa-dewa atau ilah-ilah. Musa tidak ingin umat Israel jatuh kedalam penyembahan berhala, sebab dalam dosa titah (sepuluh perintah) dengan jelas dikatakan : Jangan ada padamu allah lain ditiadapan-Ku (Kel. 20 : 3). Oleh sebab itu, janji berkat dikaruniakan, dengan prasyarat : Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan melakukannya dengan setia segala perintahNya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi”(UI.28:1). Prasyarat pertama, baik-baik mendengar suara TUHAN, Allahmu. Dalam konteks sekarang, kita dapat mendengar (memahami dan mengerti) suara TUHAN, Allah melalui pembacaan akan firmanNya, pergumulan kita dalam doa kepadaNya, pembacaan buku-buku rohani, melalui para pendeta, dan lainnya. Prasyarat kedua, melakukan dengan setia segala perintahNya. Ini adalah tindak lanjut dari pada kita mendengar (memahami dan mengerti) suara TUHAN. Sebab perintahNya bukan hanya untuk dipahami dan dimengerti, tetapi juga untuk dilakukan dengan setia. Bukan hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, tetapi pada segala saat dan waktu. Orang yang setia adalah orang yang patuh, taat, dan berpegang teguh pada apa yang diimaninya.

Ada banyak janji berkat TUHAN, yang akan dikaruniakan kepada umatNya dalam nas ini. Janji berkat ini, diperuntukkan bagi seluruh bangsa, keluarga dan perorangan, dimanapun mereka berada, baik di desa mau pun di kota. Janji berkat itu juga meliputi : Keturunannya, hasil bumi dan ternaknya, makanannya, ketika beraktivitas, dalam mengalahkan musuh, persediaan makanan dan usaha, dan Hal yang luar biasa TUHAN menetapkan mereka sebagai umatNya yang kudus (ay. 9), dan mengangkatnya menjadi kepala, bukan ekor (ay. 13).

Apakah saudara mau diberkati? Penulis percaya, bahwa semua orang tidak ada yang anti dengan berkat. Janji berkat di atas juga berlaku untuk kita. Jika kita mau diberkati, maka tidak ada pilihan lain, kecuali mendengar suara Tuhan Yesus dan melakukan dengan setia segala firmanNya dalam kehidupan setiap hari, Amin.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: