Oleh: jemaatsamaria | Juni 6, 2012

Janji Pemulihan

Amsal 9:11-15                                               Rabu,06 Juni 2012

Janji Pemulihan

Setelah menyampaikan ancaman penghukuman dalain nas-nas sebelumnya, yang digambar­kan dengan perang, gempa bumi, penyakit sampar, dan sebagainya. Maka dalam penutup kitab­nya ini, nabi Amos menyampaikan nubut pemulihan. Paling tidak ada beberapa hal janji pemuli­han, yang disampaikan nabi Amos, yaitu 

  • Janji tentang pemulihan “Pondok Daud” bagi orang-orang yang sezaman dengan Amos atau orang-orang Yahudi kemudian,tentulah dibayangkan pemulihan suatu kerajaan Israel dengan batas-batas dan kemegahan-kemegahan seperti pada zaman Raja Daud. Tetapi ketika kita sebagai orang percaya (Kristen) membaca ungkapan ini, tentulah kita membayangkan kera­jaan yang baru, yaitu kerajaan yang lain, yang bersifat rohani. Sebagaimana dikatakan oleh Yesus, yaitu zaman keselamatan pada asanya telah dimulaidengan kedatanganKristus, dan yang mencapai kemuliaan yang penuh pada kedatangan Kristus kedua kalinya.
  • Dalam imamat 25 : 6, dikatakan bahwa : apabila umat Israel hidup menurut kehendak Allah, maka Allah akan memberkati mereka dengan hasil yang berlimpah. Petani akan mempunyai cukup pekerjaan sepanjang tahun, sebab waktu mengirik akan berlangsung sampai panen anggur, dan panen anggur sampai waktu menabur. Dalam zaman keselamatan yang dilukiskan Amos, sama seperti yang disampaikan dalam kitab lmamat tersebut. Panen gaddum akan berlimpah-limpah, hingga orang hampir kekurang waktu dan tenaga. Para pembajak seharus­nya sudah mulai membajak tanah, tetapi penuai hampir tidak dapat memanenkan gandum dengan cepat. Demikian juga panen buah anggur-             sedemikian berlimpah, sehingga pengirik belum selesai mengirik buah anggur, apabila isi mulai bekerja sebagai penabur benih. Karena berlimpahnya hasil buah anggur, hingga gunung-gunung atau bukit-bukit seakan-akan ‘kebanjiran’ air buah anggur. Jika hari ini kita merayakan Hari Pertanian GKE, maka doa dan harapan kita, kiranya para petani kita diberkati dalam segala pekerjaannya. Sehingga mereka beroleh hasil yang berlimpah-limpah. Dengan demikian, mereka boleh hidup dengan tenang, bahkan membangun diri dan keluarganya dengan baik.
  • TUHAN akan memulihkan keadaan umatNya, dimana mereka akan membangun reruntuhan kota, mereka mendiaminya. Mereka juga menanam anggur dan buah-buahnan, serta menik­matinya. TUHAN juga akan mengokohkan kedudukan mereka di tanah yang telah diberikan kepada mereka.

Tentu semua janji pemulihan dan keselamatan ini, boleh menjadi kenyataan ketika umat Israel mencari TUHAN.Sebab firmanNya berkata : “Carilah TUHAN, maka kamu akan hidup” (Amos 5:4,6). Kitra bersyukur,karena janji pemulihan initligenapi di dalam Yesus Kristus. Melalui Yesus Kristus, kita boleh masuk dalam suatu kerajaan yang baru, dimana kita boleh menikmati segala karunia dan berkat. Didalam Yesus Kristus juga, kita telah ditanam dalam “Kerajaan Allah” sebagai tempat kita yang sesungguhnya, sebab disitulah kewargaan kita yang sesungguhnya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: