Oleh: jemaatsamaria | Mei 23, 2012

Berjiwa Besarlah Seperti Daud

Renungan : Rabu, 23 Mei 2012 (I Tawarikh 22:2-12)

Berjiwa Besarlah Seperti Daud

Raja Daud mengerti bahwa ide membangun sebuah Bait Allah bagi Tuhan merupakan suatu keinginan yang besar, sekalipun ia sendiri menyadari tangannya penuh dengan lumuran darah…(ayat 6-8). Namun sekuat-kuatnya ide yang dimilikinya Daud sadar bahwa is bukan orang yang ditunjukkan Tuhan; Tuhan berkenan kepada anaknya Salomo kelak. Pada waktu Tuhan berkata Daud diberi pengajaran bahwa dirinya bukan orang yang tepat. Tetapi Daud tetap mengasihi Tuhan, sekalipun is bukan pilihan Allah membangun Bait-Nya. Tidak ada persoalan dengan hati Daud yang memiliki ide awal dan ini juga tidak membuatkan dirinya undur dalam mempersiapkan segala sesuatunya sampai akhir hidupnya untuk pekerjaan pembangun rumah Tuhan tersebut.

lni persoalan hati untuk mengerti kehendak Allah; sebab bukan segampang membalik telapak tangan untuk menerimanya. Dengan jiwa besarnya Daud akui memang bukan dirinya yang tepat, masih ada orang lain. Itu sebabnya Daud tidak patah semangat. ia tetap pada jalur awal, yakni mengasihi Allah.

Berjiwa besar memang bukanlah hal yang asing untuk didengar, tetapi bisa jadi langka untuk didapatkan; lebih-lebih kondisi sekarang. Hiruk pikuk dunia membuat hati manusia (baca:anak-anak Tuhan) ditutup dari merendahkan diri dan mengakui Allah. Di sinilah kita belajar bahwa Daud sebagai Raja bukan hanya karena semata Allah memilihnya, tetapi karena ia mau tetap berjiwa besar sekalipun janji dan rencana agung Allah dijatuhkan kepada anaknya. Sebab kadang-kadang Tuhan berkata kepada yang kita inginkan, yang sudah kita susun dan atur sedemikian rupa. Itu sebabnya seperti kepada Daud, Tuhan hanya cukup mengatakan kepada kita : hambaku, tugasmu hanya kumpulkan, siapkan, setelah itu selesai.’

Oleh : Pdt. Frits Rompas, MTh, Pendeta Resort GKE Palangka Raya Hulu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: