Oleh: jemaatsamaria | Mei 22, 2012

Bangunkanlah Mesbah Bagi Allah

Renungan : Selasa, 22 Mei 2012 (I Tawarikh 21:18-22)

Bangunkanlah Mesbah Bagi Allah

Pada zaman dahulu mesbah menjadi simbol pertemuan antara manusia dengan Allah, yang manusiawi dengan yang ilahi. Di atas mesbah itu dipersembahkan oleh imam korban yang terbaik untuk menyenangkan Tuhan yang ia sembah. Daud sebagai raja Israel meyakini bahwa perintah Allah melalui malaikat Tuhan kepadanya menghantarkan dirinya kepada suatu pemahaman bangunkanlah keakraban kepada Allah. Karena itu is membangun mezbah bagi Daud adalah mengijinkan Allah hadir senantiasa dalam hidupnya. Momentum iman seorang Daud bahwa kesetiaan, rasa hormat dan bakti kepada Allah didekati melalui mezbah yang dibangunnya. Boleh dikatakan segala sesuatunya bisa didapatkan, kekayaan, kehormatan, tetapi persoalan keintiman dengan Allah ada di atasnya.

Apa yang melatar-belakangi kita datang rumah Tuhan? Hiruk-pikuk keadaan dunia bisa menumpulkan iman kita untuk menghormati Allah. Dunia yang kejam ini akan menghempas kesetiaan anak-anak Tuhan. Memang tidak ada yang salah ketika orang mengerjakan tugas dan kewajibannya, namun bagi kita orang yang percaya, ada baiknya membuat sedikit perbedaan dalam hidup kita dengan mengembangkan konsep keimanan yang tangguh dan hidup dengan membangun kedekatan kepada Allah.

‘Warning’ bagi iman seseorang jikalau dirinya menghindarkan diri dari hadapan Allah. Adalah hal yang tidak lucu, berkata percaya kepada Tuhan namun jauh-jauh berdiri dari mesbah Allah.

Membangun mezbah keintiman dengan Tuhan, berarti mengijinkan otoritas Allah berada dalam kehidupan kita. Sekalipun kekurangan dan keterbatasan yang ada, bukanlah batu sandungan atau bahkan membelenggu kita untuk menghasilan iman yang setia.

Oleh : Pdt. Frits Rompas, MTh, Pendeta Resort GKE Palangka Raya Hulu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: