Oleh: jemaatsamaria | Mei 21, 2012

Sabat

Renungan : Senin, 21 Mei 2012 (Keluaran 25:1-3)

Sabat

Perintah Allah ini disampaikan Musa kepada bangsa Israel sesaat sebelum mereka memasuki tanah perjanjian. Perintah ini penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan sebab berkaitan dengan pola hidup yang seharusnya dimiliki Israel sebagai bangsa yang akan mulai memasuki kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Di negeri yang baru, bangsa Israel akan memenuhi kebutuhan hidupnya. Bangsa Israel diajarkan agar mensyukuri berkat Tuhan serta tidak serakah dalam kehidupan sosial dan pengelolaan alam. Istirahat bagi tanah juga akan mengembalikan nutrisi-nutrisi tanah secara alami. Bila perintah ini dipatuhi, maka baik masyarakat maupun alam akan mendapatkan kesejahteraannya.

Memelihara hari Sabat adalah tanda kesetiaan kepada Allah, sang Pencipta. Allah menetapkan Sabat di Eden; dan selama Dia adalah Pencipta dan itu alasan kita menyembah Dia, maka demikian juga Sabat akan terus berlanjut sebagai tanda dan pengingat kebaikan Tuhan atas kehidupan kita.

Ada sebuah lagu KJ Nomor 446 yang kata-katanya: “Setialah kepada Tuhanmu.” Seperti Tuhan Yesus setialah sampai mati, apakah jawaban orang percaya, untuk kasih setia-Nya. Lirik lagu ini mengingatkan kita sebagai orang Kristen, sebagai mana Kristus setia terhadap panggilanNya maka tidak ada hal-hal apapun yang dapat merintangi perjalan hidupNya, yang utama tujuanNya ialah agar kuasa dan kemulian Allah itu terwujud di bumi ini. Sabat adalah peringatan akan tonggak kesetiaan kita kepada Tuhan. Ia menciptakan kita, Ia membebaskan kita dan dosa, Ia mati bagi kita dan Ia bangkit bagi kita. Kita tidak boleh berhenti memperingatinya pada hari yang telah Ia tentukan. Memelihara Sabat adalah tanda bagi kita memelihara kesetiaan kepada Tuhan.

Oleh : Pdt. Frits Rompas, MTh, Pendeta Resort GKE Palangka Raya Hulu

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: